Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Cari Blog yg lain...

Rabu, 15 Juni 2011

DAHSYATNYA KEKUATAN SHODAQOH



            Amalan sedekah memang sangatlah dahsyat, bahkan lebih dahsyat dari sekedar serangan bom. Amalan ini dhohirnya sangatlah sederhana, hanya dengan memberikan atau mengeluarkan dari sebagian harta yang kita punya kepada yang berhak menerimanya, namun hasil yang di raih sungguhlah luar biasa, bahkan akal kita pun tidak mampu mencernanya. Semua itu tidaklah sulit bagi Allah, cukuplah Allah mengatakan ‘ Kun fayakun’ Jadilah, maka jadilah ia “. Ibnul Qoyyim mengatakan : ‘Sesungguhnya shodaqoh bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang fajir ( pendosa ), zholim atau orang kafir sekalipun …. Beliau juga mengatakan : ‘Inilah beberapa obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit yang tidak pernah di resepkan oleh para dokter senior sekalipun…”
            Fenomena membuktikan bahwa shodaqoh adalah sebuah amal yang kurang diminati oleh mayoritas kaum muslimin, sebab terkesan akan berkurangnya harta. Menurut logika bumi ( kita ) bahwa sesuatu yang telah di ambil pastilah akan berkurang, tetapi menurut logika langit ( Allah ) bahwa sesuatu yang disedekahkan itu tidaklah berkurang, namun justru akan bertambah-tambah.
            Allah berfirman : Perumpamaan ( nafkah yang di keluarkan ) oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipat gandakan ( ganjaran ) bagi siapa yang di kehendaki, dan Allah Maha luas ( karuniaNya ) lagi maha mengetahui.”
Rosulullah bersabda : “ Tidaklah berkurang harta yang disedekahkan” ( HR. Muslim ).
            Begitu agungnya amalan shodaqoh ini, karena ia lebih baik dari apa yang telah Allah ciptakan. Rosulullah bersabda : “ Allah menciptakan bumi, maka bumi pun bergetar, lalu Allah menciptakan gunung dengan kekuatan yang telah di berikan kepadanya, ternyata bumi pun terdiam, para Malaikat terheran-heran akan penciptaan gunung tersebut. Kemudian mereka bertanya :’ Ya Robb, adakah dari penciptaanMu yang lebih kuat dari gunung ?, Allah menjawab : ‘ Ada, yaitu besi’. Bertanya lagi para Malaikat : ‘ Ya Robb, adakah sesuatu dalam penciptanMu yang lebih kuat dari besi ?’, Allah Menjawab : ‘Ada, yaitu api’. Tanya para Malaikat : ‘ Ya Robb, adakah dalam penciptanMu yang lebih kuat dari api ?’. Allah menjawab : ‘ Ada, yaitu air’. Tanya para Malaikat : ‘ Ya Robb, adakah sesuatu dalam penciptanMu yang lebih kuat dari air ?’. Allah menjawab : ‘ Ada, yaitu angin’. Akhirnya para Malaikat bertanya : ‘ Ya Robb, adakah dalam penciptaanMu yang lebih kuat dari semua itu ?’. Allah menjawab : ‘Ada, yaitu amalan anak Adam yang mengeluarkan shodaqoh dengan tangan kanannya, sementara tangan kirinya tidak mengetahui."
            Setelah memahami keutamaan-keutamaannya, apakah kita masih ragu untuk mengeluarkan shodaqoh kita di jalan Allah ?. Shodaqoh tidak hanya di keluarkan pada saat-saat tertentu saja, tapi mestinya setiap hari. Sebab setiap hari dua Malaikat turun kedunia untuk mendo’akan orang-orang yang bersedekah dan orang-orang yang pelit bersedekah. Malaikat yang pertama berdo’a : “ Ya Allah berilah balasan kebaikan bagi orang-orang yang berinfaq, sedangkan Malaikat yang satu lagi berdo’a “ ‘Ya Allah, berilah ganjaran kehancuran bagi orang-orang yang tidak berinfaq.” ( HR. Bukhori & Muslim ).
            Demikian pula, Shodaqoh dapat pula menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik penyakit hati shodaqoh yang dikeluarkan akan menaungi pelakunya dari kesusahan dihari kiamat nanti. ataupun penyakit medis. Rosulullah bersabda : “ Obatilah orang yang sakit dari kamu dengan bersedekah.”  Disamping itu pula ia akan mengalirkan pahala yang tiada putus ( shodaqoh jariyah ), walaupun pelakunya telah tiada. Rosulullah bersabda : “ Siapa yang membangun masjid dengan mengharap ridho Allah, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.”
Wallahu a’lam bish-showab


0 komentar:

Posting Komentar